December 01, 2008

Ciseeng, Suatu Ketika




Pemandian Ciseeng, terletak kurang lebih 5 KM dari terminal Parung. Lokasinya cukup mudah di jangkau dengan kendaraan umum, ataupun dengan kendaraan pribadi.
Pelataran parkirnya cukup luas. Untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp. 2.000,- saja.
Ada dua tempat pemandian yang umum dikunjungi. Pertama pemandian yang sudah ditata dengan rapi, ada di sebelah timur. Kami tidak masuk ke sini hari ini. Disini, pengunjung dikenakan tarif Rp.4.000,- untuk tiket masuk. Dan didalam. bisa menikmati fasilitas outbond dan lain-lain. JIka mau mandi air panas, terdapat kamar-kamar mandi yang sudah ditata rapi. Tarifnya, tentu harus bayar lagi.
Kami memilih yang kedua, letaknya berada dibelakang atau di sebelah barat lokasi parkir. Jalan masuknya, berada pada samping paling kanan atau paling kiri deretan warung-warung, disamping sebuah loket penjual tiket yang sudah tidak berfungsi.
Di jalan masuk, kami di "palak" oleh seorang ibu penjaga warung yang meminta Rp.2.000,- untuk satu orang jika mau berkunjung ke atas. jalan menuju keatas rellatif mudah. Alang-alang timbuh subur sebatas pinggang. Mendaki sekitar 10 meter, kami sudah sampai di lokasi. Ada beberapa goa kars yang habis di coret-coret tangan-tangan jahil.
Lokasi tempat mandi di bagi menjadi beberapa bagian. Paling atas, ada dua kolam yang kami pakai seharian. Meski bersusun, ternyata kolam-kolam itu mempunyai sumber mata air yang berbeda. Jadi mandi dimanapun, tetap dari sumber alamnya.

Ongkosnya Rp.5.000,- untuk sekali mandi. Kata pak Pepen, dan Kong Surya, mertuanya, lokasi ini sudah ada dari jaman penjajahan Belanda. Disini, dahulu orang setempat biasa membuat garam. Air tidak hanya mengandung sulfur, juga terasa asin. Orang yang datang kesini juga macam-macam tujuannya. Terapi berbagai macam penyakit. Malah, sempat ada yang terkena stroke, dan bisa disembuhkan dengan terapi air panas disini.

Kami memilih lokasi paling atas. Tempatnya masih sepi. jadi, kami bisa bebas berlama-lama disini. hmm..nyaman rasanya. Mandi langsung dari kolam air panas yang alami.
photo by Nokia N73

11 comments:

  1. besok kl k sini lagi aku diajakin downg cinta...

    ReplyDelete
  2. set dahhh....hahahah..faries!!!...lo yg OK napa pose nya....udah kaya orang bengong aja..lg ngliatin ayam betelor ini mah....

    ReplyDelete
  3. halah halahh....ni orng bedua...gaya nya udah ky model aja serasa yaa...serasa ga ada beban ya...lepaaaaaaaaaaassss

    ReplyDelete
  4. kolam2nya terbuka (open air) semu aya Im? ngk ada yg tertutup ya?? *mupeng sbnrnya*......

    ReplyDelete
  5. yaa..gitu deh, open air .. mandi nya enak loh...mpe blenger juga bisa ... sepuas nya~

    ReplyDelete
  6. wahahahh....dia mah bukan orang susah...posenya aja yang agak susah!!

    ReplyDelete